2018, Gue Harus Lebih Berani Melangkah

Apa Pentingnya Belajar dari Konsep?

#1 Ngapain ke Batam?

Takut Sendirian, Lo Harus Baca Ini!

Menjadi Rese' di Masa Tua

2017, My Birthday My Transition

ACNE!!! :(

2018, Gue Harus Lebih Berani Melangkah

2018.

Cepet banget nggak sih?!

Seperti tahun sebelumnya, gue membuat tulisan detik-detik tahun baru di blog sebagai rutinitas tahunan. Setidaknya buat ngingetin gue momen akhir tahun kayak gimana, apa yang gue harapkan, gimana situasi saat itu, dsb.

Banyak banget.

Banyak banget yang gue laluin di tahun 2017 ini.

Dari yang mulai sesuai plan gue hingga yang emang diluar itu tapi emang positif lah ya.

Kaleidoskop 2017 

Dimulai dari gimana gue yang stres-stres sendiri nggak jelas dimalam ulang tahun gue, bulan Februari kemaren. Gue yang ‘belum siap’ berumur 20 merasa desperate.

Gue ngafe sendirian dan mengenang gimana gue menghabiskan umur-umur sebelumnya. Apakah sia-sia atau terpakai dengan baik. Gue pergi ke Blessing dan yaudah memandangi area café yang banyak orang lalu lalang.

Bulan berikutnya gue diterima Ei Lab. Yang emang udah dari jaman maba gue pengen banget gabung mereka. Gue merasa Ei Lab membawa pengaruh besar dalam hidup sekarang, khususnya di bidang desain grafis.

Dulu cuman Ei Lab yang percaya bahwa gue layak buat diterima jadi Staf PDD di event Brawijaya Startup Action 2015. Dimana posisinya gue masih belum jago sama desain. Karena gue emang baru belajar desain ya pas Mahasiswa Baru. Tahun 2015. Bulan September karena baru dibeliin laptop sama Mama. Dan Ei Lab nerima gue :’). Thanks once again! (hug)

Setelah gabung Ei Lab gue dipercaya buat jadi Head of Marketing di Brawijaya Startup Action 2017, tahun ketiga gue ikut kepanitiaan ini.

Disini gue belajar banyaaak. Banyak banget buat jadi leader. Ya meskipun gue juga belum bisa jadi leader yang baik ya, tapi di situasi seperti itu gue jadi mempunyai kesempatan buat mengasah skill di bidang leadership.

Sekitar Bulan Mei, temen gue seangkatan yang super, si Taufic, lagi build startup namanya Talangin. Dia dan timnya open volunteer gitu. Gue pengen banget, sumpah pengen banget belajar-belajar gitu. Cari pengalaman, cari temen, circle yang sama. Tapi gue masih belum cukup berani buat daftarin diri karna ya itu tadi, takut diri gue nggak layak gitu lho. Pasti banyak yang lebih bagus dari gue yang bisa ketrima. Tapi ya kita juga nggak bakal tahu kalo nggak nyoba kan. Kadang pikiran-pikiran nggak penting gitu itu yang bisa menghalangi langkah lo buat maju. Dan disini gue memilih untuk menyingkirkan kerikil itu dan mengembangkan diri.

Di tahun ini juga, tepatnya Bulan Mei gue traveling ke Solo. Gue ngajak dua temen gue Irena sama Tita buat backpacker an dan nginep di teman-temaan yang sungguh-sangat-baik di sana. Ada Nisrina, Anggihat, Bella, Fitria. Dengan senang hati nganterin kami bertiga jalan-jalan mengelilingi Kota Solo. Mungkin cerita traveling ke Solo bakalan gue ceritain terpisah (entah kapan HAHAHA).

Dan tiada lagi yang bisa gue ucapin selain terima kasih sekali lagi, buat Ei Lab. Bulan Juni gue dapet apresiasi Best Staff of Marketing Department!! Nggak nyangka sih kenapa kok bisa kepilih, but gue tetep bersyukur dan menjadikan ini sebagai penyemangat buat kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Tahun ini gue juga ke Batam lagi, seperti tahun-tahun biasanya. Belajar banyak hal tentang kehidupan sama kakak gue (big hug). Ngemong ponakan yang ternyata udah dua aja. Terus sambil menyelam minum air, magang informal (bukan dari kampus) di salah satu startup kurir. Cerita lengkapnya gue tulis disini.

Di Bulan Agustus gue ikutan roadshow dari Nextdev dan sedikit membangkitkan semangat gue buat ikutan lomba. Apapun itu yang penting gue harus nyoba ikutan lomba.

Pas Training Organization Ei Lab pun, gue nulis harapan bahwa tahun ini gue harus bisa ikutan loba. Entah itu menang atau kalah, yang penting gue udah berani buat melangkah nyoba.
Dan disinilah gue mulai memberanikan diri untuk mencari informasi lomba. Sebegitu ciutnya nyali gue, sampai liat informasi lomba aja kayak merasa nggak mampu gitu lho. Payah.

Akhirnya gue nemuin satu event dari BNI namanya BNI Hackfest 4th Round Bandung. Sebenernya mereka ngadain di Malang juga, tapi gue ketinggalan informasi. Setelah itu gue mulai nyari tim dan kebetulan ada temen si Bochan kuliah di ITB Bandung dan dia anak Teknologi Informasi dan ngajak salah satu temennya Adya buat gabung di tim. Karena lombanya sebenernya emang Hackathon gitu lebih ke ngoding. Gue ceritain di post tersendiri deh biar enak (entah kapan HAHA).

Singkat cerita kami ternyata lolos! Kami masuk top 50 dari 293 ide dan berhak melakukan marathon di Bandung Digital Valley.

Meskipun nggak masuk 3 besar juara utama, gue sih udah seneng yaaa. Bisa sekalian main ke Bandung wkwk. Karna emang Bandung jadi salah satu wishlist gue sih buat traveling. Ya buat penghiburan kami juga udah masuk juara 3 sosmed challenges. WKWK

Dari ikut lomba yang itu gue jadi ketagihan gitu buat nyoba-nyoba opportunity yang lain.
Gue ikutan E-fest, lomba business plan dari Filkom UB. Kebetulan gue diajak sama Sarah, temen satu volunteer di Talangin, sama satu temennya anak TI UB si Kris. Kita lolos tahap BMC dan mulai hectic saat mengerjakan business plan yang baru kami upload jam 23.29 dari 23.30. Itu pengalaman banget sih. Makasih Sarah! Makasih Kris! Ayo kita lanjutin perjuangan kitaaa!!

Di Bulan Oktober gue nemuin satu lomba namanya SEIZE dan gue nyoba buat ikutan dan ngajak temen gue SMA namanya Richa, anak Akuntansi UB. Gue udah lama banget sih pengen lomba sama dia. Tapi kayak belum ada kesempatan gitu. Dan akhirnya gue memutuskan buat maju sama dia di lomba ini. Gue ngajak anak Filkom juga sebagai hacker dan dengan penuh drama dan lika liku dia ngilang ditengah-tengah timeline lomba. Dan tugas kampus gue juga lumayan banyak saat itu, gue sama Richa berdua nyelesein PPT tahap awal untuk dikirim.

Dan tanpa diduga-gua, sumpah ya, gue aja udah pesimis dan yakin nggak bakal masuk. Tapi ternyata kami masih top 50 dari 300an yang udah kirim berkas.

Dan masih dengan drama hacker-yang-hilang, kami tetep nyelesein sampe deadline. Kami lakuin semampu kami. Gue belajar bikin prototypenya, bikin PPT bareng Richa. Kami belajar banyak sih disini. Tapi memang belum maksimal dan harus menerima itu. Kami nggak termasuk 7 tim yang lolos dan bisa presentasi di Jakarta.

Setelah itu gue masih belum kapok sih ikutan lomba-lomba gitu. Malah semakin ketagihan dan nggak mau berhenti. Kebetulan temen gue Fifi pengen banget ikut lomba, tapi dia nggak tahu harus mulai darimana dan lomba sama siapa. Terus gue yang merasa pernah di posisi sama kayak dia ngajak aja tanpa basa basi buat ikutan lomba Top Generation. Gue sampe nginep-nginep dirumah Fifi buat nyelesein lomba itu. Tapi emang dibawa santai dan sambil belajar sih, jadi ya meskipun kita nggak lolos juga nggak papa. Pengalaman nggak ternilai harganya sih.

Dan dipenghujung penutupan tahun ini, bulan Desember, kami bisa menyelesaikan event Brawijaya Startup Action 2017 dengan bombastis! Pecyah banget dan ngerasa  puas gitu lho. Banyak banget pelajaran berharga yang bisa dipetik. Management waktu, management emosi, leadership dan skill-skill yang lainnya jadi makin bertambah.

Dan yang tak kalah penting, gue sudah bisa melalui drama jerawat yang tak kunjung usai. Dari yang awal tahun super galau karena jerawat gue yang parah, sekarang setidaknya gue sudah tahu pemicunya apa dan muka gue udah nggak bereilef lagi. Meski masih ada bekas jerawatnya sih.

Soooo,

Di batas antara tahun 2017-2018 ini, gue cuma bisa bilang terimakasih sama Allah, gue diberi kesempatan untuk belajar dan terus belajar. Menjadi pribadi yang (mudah-mudahan) selalu bersyukur dan rendah hati.

Gue cuma pengen tahun depan gue bisa lebih pinter lagi ngatur waktu, management emosi juga, lebih bisa nyari peluang. Jangan pesimis duluan dan berpikir macem-macem yang overthinking. Pokoknya berani melangkah aja gitu lho, asalkan emang kegiatannya positif.

Lebih bisa banyak senyum. Banyak rezeki dan bisa membahagiakan keluarga dengan apa yang gue raih ataupun apa yang gue beri.

Selamat Tahun Baru 2018.
Selamat menuju 21 tahun,
(InsyaAllah semoga diberi umur panjang oleh Allah)
Dan menemukan pendamping skripsweet.


Apa Pentingnya Belajar dari Konsep?

Pernah nggak sih lo mikir, mempertanyakan suatu hal kok bisa jadi kayak gini. Gimana suatu kejadian bisa membuat sesuatu hal lain. Kenapa kok gini. Kenapa kok gitu. Sampai akhirnya lo sadar kalo pertanyaan yang melayang di otak lo itu nggak penting-penting amat.

Padahal kalo lo bisa telusurin lebih jauh pertanyaan itu, lo bisa dapet suatu jawaban yang seru. Kayak misalnya, kenapa sih Indonesia (terutama Jakarta) itu macet. Oke lo dapet jawaban kalo kebanyakan disana orangnya pada bawa mobil pribadi. Terus alasannya apa kok mereka lebih milih pake mobil pribadi? Karna transportasi umumnya nggak nyaman, mahal dan juga kelamaan ngetem, bikin waktu tempuh juga lama. Terus kenapa mereka nggak ngojek aja? Cepet. Nggak macet. Lebih murah? Nah, ini masalah utama dari kenapa kebanyakan orang males ngojek. Karna selain kita susah dapetin tukang ojek yang deket, kita juga nggak tau harga ojek dengan pasti di awal. Ini nih yang gue rasa jadi pemikiran awal Nadiem Makariem bersama teman-temannya. Gila. Dari pertanyaan simpel yang tiba-tiba lewat aja, dia bisa bikin perubahan yang besar. Gokil sih.

Nah, kalo lamunan sesederhana itu bisa bikin kita nemuin solusi gede, gimana kalo kita ngelamunin isu-isu penting di lingkungan kita atau hal-hal yang lebih filosofis. Gue yakin banget sih kalian semua juga sering ngelamunin hal-hal sepele yang tiba-tiba lewat aja. Entah kenapa lalat bisa terbang, kenapa kita hidup (ciee existential crisis :p), kenapa gebetan mulai cuek, kenapa susah banget buang sampah pada tempatnya, kenapa peradaban di dunia ini beda-beda, kenapa persebaran teknologi nggak rata, kenapa bisa negara X lebih maju daripada negara lain, kenapa korupsi udah mendarah daging, dan kenapa-kenapa yang lain yang mungkin jawabannya nggak terbayangkan sebelumnya.

Nah, proses berpikir yang gue omongin tadi itu namanya First Principles.

Gue mau narsis dulu. Haha.

First Principle ini ternyata awalnya dicetusin sama Aristoteles. Si Mbah Aris ini selalu nyari prinsip utama atau asal dari segala sesuatu. Jadi, proses berfikir ini ngajak lo buat ngulik sesuatu sampe dasar banget, sampe mentok nggak bisa dipecahin lagi. Tapi dia cuma ngajuin pola pikir ini aja, belom ada penjabaran selanjutnya yang lebih jelas.

Gue pertama kali ngerti konsep ini malah pas baca biografi Euclid, si Bapak Geometri yang punya buku Euclid's Elements. Jadi setelah pola pikir ini ada, si Euclid yang jabarin dengan prinsip dasar geometri dengan tiga konsep: Definitions (horoi), Postulates (aitemata) dan Common Notions (koinai ennoiai). Wadaw. Apaan tuh geometri-geometri males banget ngomongin matematika. Tenang aja, disini gue cuma nyeritain aja asal muasalnya. Kalo penasaran makin penasaran, lo bisa google sendiri deh.

Nah, dari penjelasan gue diatas udah sedikit tahu lah ya gimana pola pikir First Principle bisa ngebantu menemukan akar masalah dan nemuin solusinya. Tapi sebenernya ada beberapa manfaat yang lebih dekat kaitannya tentang First Principle ini dengan kehidupan sehari-hari kita.

1. Ngatasin Fobia dan Ketakutan Nggak Rasional Lainnya
Gue mau kenalin lo sama Elon Musk (nyatanya dia lebih terkenal dari gue HaHa). Pas kecil dia punya fobia sama kegelapan. Tapi setelah dia mulai berfikir dengan konsep ini yaudah, gelap cuma karna nggak ada foton aja, sih. Jadi ya nggak rasional aja kalo takut sama gelap.

 "When I was a little kid, I was really scared of the dark. But then I came to understand, dark just means the absence of photons in the visible wavelength--400 to 700 nanometers. Then I thought, well, it's really silly to be afraid of a lack of photons. Then I wasn't afraid of the dark anymore after that." -Elon Musk

Contoh lainnya misalnya gue. Gue nggak suka kalo memulai suatu, misal gue mau ngelakuin olahraga tiap pagi nih, gue nggak suka kalo itu nggak dimulai dari awal pekan. Gue harus mulai di hari Senin. Padahal kalo setelah dipikir-pikir semua hari itu sama aja, nggak ada bedanya. Itu adalah salah satu penghambat gue untuk melakukan sesuatu segera, biar nggak kelamaan. Ujung-ujungnya malah nggak jadi, dan olahraga itu cuman jadi angan-angan aja, nggak terealisasi. Gue-nya nggak maju-maju dan yaudah bubar aja. Setelah dirunut-runut kayak gitu gue sekarang jadi lebih santai buat ngelakuin perubahan kapanpun (nggak juga sih :v).

2. Matahin Kepercayaan yang Udah Nggak Relevan
Gue pernah (pas SMP atau SMA gue lupa), pernah dibilangin jangan ngejahit kalo malem-malem. Katanya pamali, nanti ada keluarga yang kecelakaan. Nah, dengan First Principle ini gue cari asal mulanya. Nggak boleh malem-malem mungkin karna gelap kali ya, takutnya kan ntar ketusuk hatinya jarinya kan jadi sakit. Dulu kan belom ada lampu dan masih pake ublik yang sangat minim pencahayaan.

Kita tuh sering banget asal ngikut tradisi tanpa tau sebenernya asal muasalnya kayak gimana. Kalo misal ditanya kenapa, jawabannya yaudah emang dari sononya kayak gitu. Saking mengakarnya sebuah tradisi bahkan buat tanya aja jadi hal yang tabu. Dengan lo mengimplementasikan First Principle ini lo jadi tau dan ngerti tradisi mana yang baik dan mana yang harus ditinggalin.

Penerapan First Principle dalam Sains dan Teknologi
Setelah gue nyari-nyari tentang First Principle ini, ternyata ada satu tokoh yang menggunakan pola pikir ini dalam Sains dan Teknologi. Namanya Elon Musk (yang gue kenalin tadi). Dia seorang inovator sukses dengan segudang jabatan penting kayak: CEO dan CTO perusahaan SpaceX, dia juga Chief Product Architect di Tesla Motors, jadi Dewan Direksi di SolarCity, dan juga Co-Founder layanan uang online, PayPal.

Sepak terjang Elon pertama kali ketika mendirikan PayPal. Awalnya dia gemes banget tiap belanja online harus masukin data kartu kredit pribadinya. Ini kan rentan banget buat jadi korban cyber crime. Dengan sistemnya PayPal, pembelanjaan online nggak harus langsung ngasih data dan pembeli jadi lebih terlindungi. Paypal sukses dan terjual ke eBay.

Dengan duit kesuksesan dari PayPal, Elon lalu nggak ngehambur-hamburin seenak gitu aja. Sejak kecil dia terobsesi banget sama mobil listrik. Dia yakin nih, kalo mobil listrik bisa jadi salah satu alternatif buat nggak bergantung sama bahan bakar fosil. Dia akhirnya mendirikan Tesla Inc. Selain itu, ternyata Elon juga berambisi untuk menjadikan manusia sebagai spesies antar planet. Maksudnya, manusia jangan tinggal di bumi aja. Manusia bisa hidup di planet lain karna suatu saat bumi pasti bakal hancur karna kebanyakan populasi, global warming, perang, bencana alam dlsb. Dia pun membangun SpaceX yang fokus buat roket perjalanan luar angkasa.

Gila, keren banget nggak sih. Saking nyentriknya nih, dia sampe dijuluki The Real Life-nya Tony Stark, si Iron Man!

Sebelum mendirikan SpaceX, si Eron ini mikir untuk gimana bikin roket yang bisa nganterin pulang pergi dari bumi ke planet lain. Dia mulai nyari-nyari info dan ternyata proses pembuatannya itu mahal banget. Cuma satu kali perjalanan aja bisa ngabisin dana yang nggak kecil. Disinilah si Elon mulai mikir pake First Principle.

Sebenernya apasih yang bikin roket itu mahal. Bahan baku buat bikinnya apa sih. Tepung roti coy. itu kroket sis. Ini roket. Dia coba list apa aja komponen yang paling mendasar banget dari roket. Terus apa sih yang bikin perjalanan ke luar angkasa itu super mahal. Oke, karna roketnya aja udah mahal kali ya, sekali meluncur udah jadi sampah luar angkasa aja. Berarti roketnya harus dibuat dengan bahan yang lebih murah, dong. Terus roketnya bisa balik ke bumi, jadi bisa dipake berulang kali deh. Hasilnya? Sampe tahun 2017, SpaceX jadi pencatat sejarah sebagai yang pertama dan telah berhasil beberapa kali meluncurkan roket luar angkasa dan mendaratkannya kembali ke bumi. Gokil sih.



Menerapkan First Principle dalam Proses Belajar

Oke, mungkin sekarang setelah membaca kisah Elon Musk lo ngerasa cuma jadi butiran rempeyek. Tapi kalo lo tekun menerapkan proses berpikir First Principle ini gue yakin lo bisa tumbuh jadi pribadi yang berwawasan luas, bisa lihat berbagai masalah dan nemuin solusinya.

 "The First Principle is that you must not fool yourself. And you are the easiest person to fool." -Feynman

Feynman ini dikenal sebagai The Great Explainer dan The Great Teacher karna ahli menyederhanakan ilmu pengetahuan. Nah ternyata si Feynman ini punya metode sendiri buat mempelajari sesuatu hal yang baru, namanya Feynman Method. Metode ini ternyata turun dari First Principle, lho.

#1: Pilih konsep yang lo mau pelajari
Yaudah tulis aja di kertas, lo pengen belajar tentang apa. Cari konsep dasarnya apa. Disini lo bakal tau keterkaitan satu materi dengan materi yang lain. Jadinya lo belajar dari konsepnya, bukan cuma menghapal doang.

#2: Pura-pura ngejelasin ke orang lain
Salah satu alasan kenapa gue mau bantuin temen gue kalo lagi bingung sama mata kuliah itung-itungan adalah karna gue bisa mengasah ilmu yang udah gue punya. Gue jadi bisa ngejelasin dengan bahasa gue sendiri dan gue jadi bisa ngerti apa sebenernya yang dimaksud sama pelajaran itu. Padahal gue mah nggak paham-paham amat. Gue paham malah setelah ngejelasin dan belajar bareng sama mereka.

#3: Cari mana yang belom lo paham dan cari tau lagi ke sumber-sumber terpercaya
Setelah ngejelasin ke orang, review lagi bagian mana nih yang lo masih ragu, masih belom ngerti banget. Setelah itu cek lagi dan cari tau di internet. Carinya di sumber terpercaya lho ya, misal kayak Google Scholar, Instagram lambe turah, forum akademik, channel youtube gue HAHA, dlsb. Pokoknya sampe lo bener-bener paham deh.

#4: Ganti istilah yang rumit jadi bahasa sederhana
Mungkin ada beberapa kata yang lo temuin dan istilahnya bikin pusing. Nah lo bisa nyederhanain bahasanya dengan bahasa sendiri yang lebih mudah buat dipahami.

First Principle ini selain bisa ngebantu lo buat mikir dan ngebangun pengetahuan secara fundamental, dia juga bisa ngebantu untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang lo punya. Makanya, ini tuh thinking skill yang penting untuk lo bangun dari sekarang. That's why lo harus belajar pake konsep.

Udah segitu aja ya gue ngebacot soal First Principle. Nggak kerasa gue udah nulis banyak banget. Semoga apa yang niat awal gue mau sampein ke lo nyampe dan bermanfaat ya.
See you, when i see u.


#1 Ngapain ke Batam?

Gue baru balik dari Batam beberapa hari yang lalu.

Niat awal adalah gue pengen nambah pengalaman dengan magang mandiri di salah satu startup bidang kurir barang disana. Gue udah mulai browsing-browsing dari tiga bulan sebelum gue berangkat dan ketemulah sama salah satu platform D'Kurir.

Gue mulai hubungin CP nya dan dia dengan senang hati nerima gue buat jadi anak magangnya.

Bandara Juanda Surabaya Pukul 4 AM

Singkat cerita gue terbang ke Batam dan sampai lah disana di rumah kakak yang udah tinggal disana sejak nikah, kira-kira lima tahun. *lama juga ya ternyata

Setelah itu gue buat janji ketemu sama foundernya tepat seminggu setelah lebaran.

Kita ngobrolin beberapa hal tentang startup yang dia bangun dan gue mulai cari tahu gimana sistem dan cara kerja D'Kurir ini sendiri.

Ternyata startup dia ini cuma sambilan doang. Dia kerja di salah satu PT di Batam daerah Tunas (daerah-daerah pabrik2 nih coy) di bagian teknisi. Dia ngejalanin startupnya ini awalnya bertiga bareng temennya, tapi karena udah pada males-malesan akhirnya dia sendiri yang ngelanjutin sampe sekarang. Katanya D'Kurir ini udah dibentuk dari tahun 2015.

Dan karna hanya sebagai sambilan inilah startupnya jadi nggak terlalu bergairah, nggak sebesar Wak-Jek ojek onlen di Batam (sebelumnya gue juga ngajuin magang di Wak-Jek tapi katanya dia belum nerima anak magang. HIKS). Yang make tetep ada, tapi menurut gue sistemnya masih agak ribet.

Dia emang pake web, tapi (menurut gue) webnya nggak membantu dengan baik. Jadi kebanyakan yang pake jasa dia emang yang udah langganan jadi tinggal order lewat WA, meskipun sesekali emang ada yang order via web sih.

Selain bidang kurir, D'Kurir ini sendiri juga mengembangkan startupnya dibidang internet marketing. Jadi ada banyak banget cabangnya jadi beberapa kayak: D'Tiket, D'Asuransi, D'Advertising, D'Ebook, D'Tur, D'Saham, dan masih banyak banget D-D yang lainnya deh.

Terus setelah panjang lebar dijelasin sampe gue digigitin nyamuk, akhirnya gue disuruh milih, mau magang dibagian yang mana. Kalo untuk D'Kurir diutamain buat yang berdomisili di Batam. Kalo buat yang lainnya bisa aja misal gue balik juga tetep bisa magang. Bahkan gue dibebaskan untuk sampai kapan aja terserah magangnya. Mau lanjut bukan magang (alias kerja beneran) juga boleh. Yah, itung-itung mah belajar ya kalo saya. Sama nambah channel juga lumayan. WKWK

Selain milih bidang, gue juga disuruh milih mau pake media promosi apa. Ada banyak banget mulai fanspage FB, WA, Instagram, dan beberapa macem media sosial lainnya yang gue lupa.

Setelah berfikir semalaman (gue ketemu mas-nya 2 kali, jadi yang pertemuan pertama buat sharing yang kedua buat ngomongin kontrak dsb), gue akhirnya memilih untuk belajar di D'Tur dengan media promosi Instagram.

Kenapa memilih Tur?
Karna gue suka jalan. HAHA
Selain itu juga gue lagi ada sedikit kepengen bikin sesuatu tentang pariwisata Indonesia. Mungkin dengan langkah awal gue mempelajari bidang ini, gue sedikit banyak tau lah ya.

Kenapa memilih Instagram?
Sebenernya dari semua sosial media yang ada, saat ini yang paling bagus banget buat dijadiin media promosi adalah fanspage FB. Disana gampang banget buat ngegaet konsumen bahkan penyebarannya juga cepet dan murah.
Tapi nggak tau kenapa gue penasaran aja sih sama Instagram.
Gue pengen belajar lebih dalem soal riset prime-time, hashtag, dan segala macem tetek bengek soal instagram,

Dan seperti itulah magang kerja gue yang beneran.
Emang ada yang nggak beneran?
Tentu.
Lebih penting dari magang kerja ini malah.
Magang ngurus anak >.<

Mungkin bakal gue ceritain di next post kali yaa, ini udah panjang dan gue udah mulai bosen liat layar.

Semoga dapet pelajaran di curhat gue yang singkat ini! ^^


Takut Sendirian, Lo Harus Baca Ini!

NOTE: Kalo lo masih suka sebel ketika lo ngeliat atau membaca sesuatu yang nggak lo setuju, artinya lo belum dewasa-dewasa amat. Lo belum bisa memisahkan antara emosi dan logika beragumen. Biasain deh nggak usah emosi. Ini ngelatih lo untuk menerima sesuatu dari sudut pandang berbeda. Gue nulis blog ini no offense, ya. Gue pure pengen banget nulis apa yang selama ini gue resahkan, dari sudut pandang gue. Selamat mikir.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Beberapa hari yang lalu gue kumpul sama beberapa temen disalah satu café bertema Korea deket rumah gue. Ada salah satu bahasan menggelitik yang pengen banget gue bahas disini. Salah satu temen gue tiba-tiba bilang kalo dia udah nggak betah buat jomblo. 

Nggak tahu ya, apa karna kita beda frekuensi pikiran atau gimana, gue takut kalo dia sebenernya cuma takut buat sendirian. Takut kalo semuanya bakal menjadi nggak berarti kalo dia jalan sendirian. Insecure sama kemampuan diri sendiri untuk bisa menjadi mandiri dalam menghadapi struggle-nya kehidupan.


“Seseorang semestinya memutuskan bersama orang lain karena menemukan keutuhannya tercermin, bukan ketakutannya akan sepi.” –Rectoverso, Dee.


Entah kenapa kalimat dari novel Dewi Lestari itu nancep banget dipikiran gue.


Kebanyakan dari orang yang gue perhatiin, mereka lebih takut untuk menjadi sendirian daripada memperbaiki kualitas diri untuk mempersiapkan seseorang yang bakal datang (buat lo) memiliki kualitas yang bagus juga. Yang equal sama diri kita.

Pasangan itu mirrors.
Menurut gue, jatuh cinta itu kayak persamaan matematika sederhana.
Ketika lo pengen dapet pasangan yang punya nilai sembilan, ya buat diri lo sembilan dulu.
Orang yang nilainya enam nggak bakal mungkin bisa bikin orang nilai sembilan tertarik.
*Apalagi kalo ada orang yang bilang, “Kamu itu nilainya terlalu tinggi, gue nggak bisa sejajar sama lo.” Mending langsung tinggalin aja. Lo sama sekali nggak berhak buat bersama orang kayak gitu.
Persamaannya nggak jalan.

Kalo lo punya niatnya biar nggak jomblo aja, buat apa?
Mending lo gunain waktu itu buat lebih mencintai diri lo sendiri.

Kalo lo nggak bisa cinta sama diri lo sendiri, nggak bisa sayang sama diri lo sendiri, gimana orang lain bisa ikut-ikutan cinta dan sayang sama lo.
Kalo lo sayang diri lo sendiri, lo bakalan ngasih yang terbaik buat diri sendiri. Lo bakalan merawat diri, mengapresiasi diri, melindungi diri, mengemas diri dengan kemasan terbaik, ,mengisi diri dengan pengetahuan terbaik menampilkan diri dengan kepribadian terbaik, dll. Lalu orang lain yang ngelihat lo sangat terawat dan menarik kayak gitu, bakal ikut-ikutan sayang sama lo.

Sebaliknya,
Kalo lo nggak sayang sama diri sendiri, lo nggak ngasih yang terbaik buat diri lo. Lo nggak peduli kucel kayak apa. Lo nggak apresiasi, nggak ngerawat, nggak dkemas, nggak diperhatiin, nggak diurus, lebih sayang junk food dibanding bentuk badan, dan berbagai bentuk penelantaran-penelantaran lainnya. Lalu orang lain ngelihat lo nggak keurus dan nggak menarik kayak gitu, lalu ikut-ikutan nggak sayang sama lo.

Make sense, kan?
Itu udah menjawab semua kenapa orang lain nggak bisa tertarik sama lo.
Lo butuh yang namanya cinta sama diri sendiri, sayang sama diri sendiri.
Lakuin itu dulu. Nggak usah mikir kejauhan kalo lo nggak kuat sendirian.

Hal lain, lo bisa cari potensi apa dalam diri lo yang selama ini nggak bisa lo liat. Cari batas kemampuan diri lo sampe mana. Lakuin hal-hal yang belum pernah lo lakuin.

Lo bisa ngelakuin semuanya sendirian. Lo-nya aja yang men-judge diri lo sendiri kalo nggak bakal mampu!

Suntuk?
Lo bisa travelling.
Bukan, ini bukan pergi ke Bali, terus foto-foto di bar pinggir pantai terus upload ke social media. Tapi jalan-jalan ke pelosok Indonesia. Naik angkutan umumnya. Ketemu orang-orangnya. Nyobain makanan tradisionalnya.
Kalo udah ada duit, bisa mulai agak jauh ke luar Indonesia. Biar tau rasanya jadi minoritas dan belajar menumbuhkan empati.

Hidup mikirin status relationship cuma bikin hidup lo terbuang sia-sia.

Apalagi  ngurusin yang namanya baper.
Dan menurut gue, mau dibungkus dengan pembelaan apapun, baper adalah kesalahan diri sendiri karena berurusan dengan harapan yang lo buat sendiri.
Grow up and take responsibility of your own action and thoughts.

Capek sendirian?
Kalo lo nggak capek, berarti lo sedang nggak memperjuangkan apapun dalam hidup lo.
Capek itu wajar kali.

Ada salah satu temen yang sempet tanya kayak gini ke gue, “Lo pernah nggak sih, ngerasa butuh seseorang?”

Well,
Emang ada sih saat terendah dalam diri gue yang bener-bener nggak bisa bangkit dan semacam males mikirin semuanya sendirian. Tapi apa, gue masih punya Alloh.
Gue masih punya Yang Maha Segalanya dalam hidup gue.

Seriously, Dia adalah satu-satunya tempat dimana gue bisa ngomong apa aja tanpa gue malu. Tanpa harus gue menutupi sesuatu. Dia pasti dengerin gue. PASTI!

Dan ketika lo bener-bener berada di titik puncak dari kesuntukan yang lo alamin, tenang aja. Nggak lama lagi juga bakal balik ke titik nol lagi. Lo bakal ngerasa ter-refresh.

Setelah itu? Mulai lagi untuk menjadi positif dan perbaikin kualitas diri, supaya lo bisa layak dapet orang yang nilainya sama, atau lebih dari nilai diri lo sendiri.


Menjadi Rese' di Masa Tua

Sekitar sebulan yang lalu Mama gue nginep di kosan dalam rangka kangen anaknya. Dia sibuk banget beresin ini lah, itulah. Yang katanya kamar gue berantakan lah. Ini harusnya diletakin disini, ini harusnya jangan disini. Padahal sebagian besar temen gue yang main kesini bakalan ngomong, "Astaga Chiki, lo tetep aja ya kamarnya rapi terus banyak hiasan yang keren-keren".

Dan beberapa hari terakhir pun ada temen gue yang curhat kalo orang tuanya malesin. Katanya sih nyokap-nya kalo punya salah ngga mau disalahin, giliran dia yang salah dikit udah dimarahin diikuti ungkitan kesalahan-kesalahannya yang udah berlalu begitu lama beberapa abad sebelum Masehi.

Dari sini gue mulai berpikir kalo emang tingkah orang tua pada anaknya itu emang kebanyakan konyol. Menjadi rese' di masa tua itu adalah salah satunya. Entah dengan dia marah-marah, ngomentarin apa yang dilakuin anaknya, ngelakuin hal-hal yang kayak Mama gue lakuin (meskipun itu juga nggak terlalu ngeselin-ngeselin amat menurut gue).


Makin anak tumbuh dewasa, seorang anak bakalan jadi mandiri. Terlebih kayak gue dan temen-temen gue yang kuliah di perantauan. Orang tua makin ngerasa nggak punya peran lagi sebagai orang tua di hidup anak-anaknya. Merasa nggak berguna dan nggak dibutuhin.

Keadaan kayak gini bisa dibilang Post Power Syndrom. Sindrom kayak gini dialamin ketika seseorang ngga lagi menduduki suatu 'jabatan' tertentu. Misalnya aja seseorang yang udah pensiun. Nah, hal ini bisa aja dialami orang tua yang merasa kedudukannya 'diancam' oleh kemandirian anaknya. Ya karena itu kebanyakan orang tua memaksakan diri 'tetap berfungsi' di kehidupan anaknya, yang sayangnya lebih sering dilakukan dengan paksa atau dengan aneh-aneh.

Kalo sebagai anak kita ngerti konsep ini, kita bakalan ngelihat kejadian ini dengan sudut pandang yang berbeda. Kebanyakan anak akan memandang tingkah mereka sebagai sesuatu yang menyebalkan, ngeselin, salah satunya kayak temen gue yang diatas. Padahal sikap mereka ini termasuk kebutuhan yang menyedihkan, lho. Mereka sampe perlu untuk diafirmasi bahwa peran mereka sebagai orang tua itu masih ada dan masih berlaku. Dengan respon kita yang makin kesel ke mereka, bahkan membantah dsb, bakal makin nunjukin kalo mereka beneran nggak punya peran apa-apa lagi dalam hidup kita.

Coba deh renungin sebentar aja.
Coba lo jadi orang tua yang kayak gini.
Apa  yang bakalan lo lakuin?

Mereka butuh peran.
Sampai-kapan-pun, orang tua akan selalu butuh untuk merasa punya peran dalam kehidupan anaknya.

Kalo nggak kita kasih, ya mereka bakalan nyari sendiri. Dan biasanya di posisi yang kita nggak suka.

Coba inget-inget lagi kapan terakhir kali lo ngasih peran ke orang tua dalam hidup lo?

Emang gue nggak sebegitu deket banget sama mama gue, kayak temen gue yang lain. Tapi kadang-kadang gue chat buat nanya gimana caranya Mama bikin sop ayam. Gimana caranya jahit baju bolong dengan rapi. Cara ini. Cara itu.

Gue bisa Google, honestly.
Tapi gue memilih untuk tanya ke Mama.

Setiap petuah yang Mama bilang, gue iyain.
Jangan lupa ini.
Jangan lupa itu.
Padahal gue termasuk orang yang nggak teledor.
**Setidaknya dari 3 temen gue yang lain yang sering lupa nyabut kunci motor, lupa bawa STNK, dll wkwk

Gue iyain semua.

Dengan kayak gini gue berharap banget kalo Mama akan selalu punya peran bagi kehidupan gue. Nggak peduli semandiri apa gue.
Jadi Mama nggak punya lagi kebutuhan untuk marahin atau konflik sama gue.

Nah.
Jadi kapan terakhir kali kalian memberi orang tua ruang peran dalam hidup kalian?


2017, My Birthday My Transition

NOTE: Btw ini harusnya aku post tanggal 6 Februari tahun lalu astaga. Aku kelupaan nyimpen di draf belum ke publish. HaHa
Ya niatnya buat motivasi diri aja sih nulis seperti ini. Semoga dapat saling memberi pelajaran dan menebar semangat!~

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Haii,
Balik lagi gue disini.
Setelah rasanya lama banget ga sih gue nggak nulis blog ini.

Yaaa,
Semester 3 berlalu dengan cepat. Nilai udah keluar dan gue masih sangat bersyukur karna nggak lebih buruk dari semester lalu.

Gue masih nunggu jadwal KRS disini. Menghabiskan waktu dengan kesia-siaan. Glelar gleler di Kasur. Nonton drama. Nonton film. Dan gue nggak berada jauh sekali dari kata produktif.

Abis ujian kemaren gue sebenernya ada trip kecil-kecilan ke Jateng. Gue pergi ke Purbalingga dan berakhir di Jogja. Ya, Jogja. Lagi. Nggak ada plan kesana, seriously. Tapi gue kehabisan tiket buat balik. Ke Surabaya, Malang, Tulungagung. Semuanya sold out. Maklum hari itu emang weekend sih. Dan gue juga nggak berencana apa-apa buat balik pada tanggal itu. Singkat cerita gue sebenernya pengen  banget buat mampir ke Solo atau Semarang. Gue sangat penasaran dengan kota Semarang. Nggak tau kenapa. Dan, ya, gue nggak punya temen yang kuliah disana. Dan di Solo, temen gue lagi ada event kampus yang harus nginep selama kurang lebih empat hari. So, gue memilih Jogja.


No plan. Sendirian, meskipun emang sering sih gue travelling kemana-mana sendirian. Gue juga nggak bawa duit banyak-banyak. Seriusan. Gue bahkan cuma bawa duit nggak nyampe 200 ribu kesana. Gue sebenernya emang nggak niat buat main-main ke tempat yang mengharuskan buat bawa duit banyak sih. Cuma ke alun-alun kidul ngobrol sama temen gue sampe larut malem, pagiya ke Sunday Morning UGM, terus besoknya gue ke Tebing Breksi, belanja titipan kakak gue ke Pasar Bringharjo dan campus tour di UGM sampe abis maghrib. Besok paginya gue balik pagi jam setengah 8 naek Malioboro Express.
Melakukan sesuatu dengan spontan bisa aja menyenangkan. Well, mungkin karna melakukan sesuatu dengan spontan banyak melibatkan hati bukan pikiran. Mungkin karna kita fokus pada pengalamannya dan rasanya bukan karna hasilnya.
Sekali-kali emang butuh kok loncat dulu, mikir belakangan!

Cerita di Purbalingga? Nggak menarik banget sih. Tapi gue seneng. Banget. Bisa ketemu ponakan-ponakan gue. Dua cowok keren gue yang sangat gemesin. Kadang gue berfikir bagaimana mereka bisa tumbuh dewasa nantinya. Tetep keren? Pasti. Disukai banyak cewek? Yakin. Dan gue berfikir bagaimana kalo gue bisa di posisi seperti yang kakak gue sedang lakukan. Menjadi seoraang ibu. Kayaknya berat nggak sih? Haha

So, hari ini tepat hari ulang tahun gue.
Kepala dua.
20 tahun.
Really???
Gue udah setua itu ya? Haha
Gue bahkan kadang masih ingat gimana gue bisa eek di celana waktu TK. Atau gue yang nagisin banget kematian Goldy, ikan peliharaan gue tersayang. Lari-larian main kasti jaman SD. Jaman menghadapi cinta labil ala-ala ABG. Dan semua itu berlalu gitu aja.

Gue pernah denger kutipan di salah satu drama yang pernah gue lihat.
Katanya angka 9 itu angka yang sangat krusial bagi kehidupan manusia. Jika kamu ada di umur yang mengandung angka itu, akan banyak hal penting yang bakal kamu alami.
9 tahun, 19 tahun, 29 tahun, 39 tahun, 49 tahun, seterusnya sampai kamu nggak ketemu angka itu lagi.

Dan gue sangat syok ketika menghitung mundur apa yang terjadi sama gue diumur gue ke 9 tahun. Tepat pada tahun 2006. Nggak ada yang gue inget. Sama sekali. Gue Cuma inget kalo itu adalah tahun kakung gue meninggal. Itukah krisis yang gue alami waktu itu?
Dan ditahun ini? Selama gue berumur 19 tahun? Aku tidak merasa ada hal krusial yang terjadi pada gue. Alhamdulillah. Gue bersyukur mungkin nggak ada, atau gue yang nggak merasa kalo hal itu terjadi. Haha.

So,
Disini gue bakalan sedikit berjanji untuk bakal nulis blog ini saat gue ulang tahun.
Dan juga saat tahun baru.
Oke, setidaknya ada 2 tanggal penting dalam setahun gue ngisi blog ini, kalo misal gue bakal males banget nulis lho. Haha.

Dann,
Ulang tahun ya?
Nothing special. Even someone, or something.
Kalo menurut ramalan gue bakal ketemu cowok baru dan PDKT sama dia lhoo. Haha
Gue emang suka banget baca ramalan btw.
Tapi gue nggak percaya 100% kok.
Gue kadang jadiin mereka acuan positif supaya gue ada pegangan kalo gue mau lari kenceng ngejar suatu tujuan. Biar gue ada yang megang kalo misal mau jatuh.
Karna gue sadar,
gue nggak cukup kuat untuk sendirian.


ACNE!!! :(

Oke gue semangat banget buat ngepos kali ini.

Berawal dari nonton youtube gara-gara bingung mau ngapain. Berhubung besok UAS cuma takehome dan udah beres semua dari minggu tenang kemaren, gue youtubean. Dan random gue nemuin ini:


Karena akhir-akhir ini gue desperate banget sama jerawat gue yang nggak sembuh-sembuh, gue bertekad bulat untuk menyelesaikannya tahun ini.

Sebenernya gue udah mulai jerawatan dari SMP. Tapi cuma dikit banget di jidat. Berhubung gue SMP pake hijab, jadi nggak begitu keliatan.

Gue dulu bangga banget punya jerawat pas SMP. Entah  goblok atau gimana ya, tapi gue merasa kalo udah gede saat itu. Jadi menurut teori yang gue bikin sendiri, kalo lo udah jerawatan, berarti lo udah gede. Tuh kan, entah kenapa dari sekecil itu bisa mikir konyol kayak gitu.

Setelah itu gue udah mulai masuk SMA dan mulai timbul beberapa brutusan di pipi gue. Tapi dikit banget sih. Gue nggak tau penyebabnya apaan. Tapi kayaknya sih karena nggak cocok pake facial foam, dan gue tetep ngelanjutin make. Sa bodo amat gue kenapa bego banget sih ya :(

Terus makin keini gue kuliah di Malang jerawat gue makin menjadi. Entah karena alergi air, udara atau apaan gue ga paham. Tau-tau jadi makin rata aja nih jerawat :(

Banyak banget yang bilang "Kok lo jadi jerawatan sekarang" Udah ga tau deh mau jawab apa, karna gue sendiri juga ga tau jawabannya.

Gue udah ngelakuin semua usaha dari yang tradional macem kunyit parut, jeruk nipis gue peres di muka, pake bawang putih yang notabene perih banget astagaa, sampe ke perawatan di Larisa, Nava Green, dan beli produk yang mahalnya minta ampun dari The Body Shop.

Entah gue kena kutukan apa.

Kemaren terakhir kondisi wajah gue tinggal bekas jerawat aja. bertahan sekitar 3 hari muncul lagi 5 jerawat segede gaban di pipi kiri sama jidat gue. Beberapa jerawat kecil juga muncul dengan sangat indah. Baru beberapa hari gue ngerasain cuci wajah mulus tanpa ada jrendelan, eh udah balik lagi.

Dan setelah fiinget-inget, gue baru aja ngabisin satu loyang omelet. Dan telurnya bukan telur kampung. Alias telur yang dari ayam potong.

Dan setelah nonton video tadi, gue langsung tersadar dan berniat untuk jaga makanan.

Percuma aja gue pake produk yang mahal macem The Body Shop kalo makanan nggak diatur.

Ntah gue ini emang bego atau gimana ya, sebenernya dari dulu itu udah di suruh jaga makanan sama mama. Jangan makan telur, jangan makan ayam potong, bla bla bla, ya tapi gue nggak dengerin karna itu semua enak T.T

Memang makanan enak itu kebanyakan kaga sehat.

Sooo,
Setelah lihat video itu, gue langsung ganti baju dan beli produk yang disaranin disana.






Oke.
Butuh perjuangan banget buat nyari dua benda itu.

Berawal dari facial foam gue yang abis, gue pergi ke MATOS buat beli di The Body Shop Matahari. Rencana gue mau nyari di Hypermart kali aja ada nongol cuka apel disana. Pertama tanya mbaknya aja udah dibilangin kalo cukanya kosong. Gue langsung mikir untuk langsung ke Giant. Dan Giant itu di MOG -.- Gue langsung kesana.

Udah sampe kesana gue muter-muter (karna mbaknya bilang kalo 'disana' ada).
Oke.
Disana itu nggak jelas :(

Gue muter-muter dan nyerah karna cuma nemuin cuka dapur yang buat bikin acar aja di salah satu rak.

Gue mutusin untuk beli cuka apel online aja kalo sampe nggak ada. (Kebangetan banget sih kalo ga ada, secara Malang itu Kota Apel, coy.

Dan akhirnya gue memutuskan untuk mencari daftar kedua yaitu coconut oil.

Pas gue browsing-browsing sih katanya dijual di apotek. Jadi gue langsung cus ke Kimia Farma Jl Ijen.

Ditengah perjalan udah mulai gerimis sih. Dan akhirnya gue lanjut aja. Males make jas hujan. Pikir gue deket kok.

Setelah sampe di Kimia Farma, gue lagi-lagi nggak nemuin tuh coconut oil.

Gue mulai lemes dan putus asa.

Ada salah satu apotek yang gue tau didaerah Suhat. Dan gue sedikit meragukan kelengkapan dia. Dengan bimbang, gue mikirin sepanjang jalan bakalan mampir kesana apa nggak.

Btw nama apoteknya K24, tempatnya deket patung pesawat Suhat.

Diperjalanan ujan makin deres. Dan gue nggak make jas hujan, dengan alasan males berenti di pinggir jalan. Semuanya basah -.-

Dan dengan kebimbangan ini gue akhirnya mutusin untuk tetap nyoba ke k24.

Semakin kesana ujan semakin deres. celana gue basah kuyup. Air masuk kemana-kemana!

Sampe di apotek K24 kagak ada, sumpah gue adalah orang paling buruk dalam hal pengambilan keputusan.

Gue adalah orang dengan pengambil keputusan terburuk sepanjang gue tau. Gue selalu ngambil keputusan dari dua pilihan, dan yang gue pilih selalu itu yang salah -,-

Entah ini kutukan gue yang lain atau gimana.

Dan akhirnya sampailah gue didepan apotek itu

Dengan baju basah kuyup, pake masker.
Gue memasuki apotek ini.

Gue tanya ke mbaknya punya coconut oil apa nggak dan jawabannya adalah....

ADA!

Gue bersyukur!
Gue nggak sia sia kali ini.


Harganya 32ribu aja. Dan gue bayar dengan wajah berbinar.

Setelah itu gue ragu. Pengen banget nanya tapi rasionalitas di otak gue agak nahan.

Emang di apotek bakal jual cuka apel ya.

Dan ini yang sebenernya jadi penghalang gue dalam mengambil keputusan.

Kata hati gue. Pikiran gue.
Entah kenapa mereka selalu bersebrangan.

Akhirnya gue pun tanya ke mbaknya dengan ragu-ragu.

"Mbak, di sini jual cuka apel ga sih?"

Entah mbaknya lagi sakit apa tapi dia jawab 'ada' tapi sambil geleng.
Atau emang kepalaku aja yang lagi pusing jadi ngelihat mbaknya geleng.

Dan gue mastiin lagi pendengaran gue yang gue sangat yakin masih bagus.

"Nggak ada?"

Dan mbaknya nekenin kalo disini jual cuka apel.

ADA!!

Ya Allah, aku sangat bersyukur.

Dua-duanya gue dapet disini. Bahkan bukan di supermarket. Dan apotek ini lebih deket dari kosan gue daripada MATOS sama MOG!

Dan gue pulang dengan tersenyum.

Meskipun kaki gue kedinginan karna basah. Dan air yang masuk kemana-mana itu, gue tetep senyum.

Dan gue berjanji, gue bakal jaga makanan gue.

Karna meskipun gue udah ngusahain dari eksternal kalo dari dalemnya sendiri nggak dijaga, ya bakal tetep sia-sia.

Doa'in gue dong.
Biar gue semangat.
Biar gue bisa memenuhi salah satu dari 4 aspek peningkatan kualitas diri yaitu: kualitas penampilan.

Haha.
Salam hangat.
Dari Malang,
Kota dingin.
13:23





My Blog List

My Blog List