Ke Jogja, Pertama Kalinya (Edisi Penuh Rindu) #Latepost

2017, My Birthday My Transition

2018, Gue Harus Lebih Berani Melangkah

Apa Pentingnya Belajar dari Konsep?

#1 Ngapain ke Batam?

Takut Sendirian, Lo Harus Baca Ini!

Ke Jogja, Pertama Kalinya (Edisi Penuh Rindu) #Latepost

Selamat datang di label baru gue. WKWK
Akhirnya gue bikin label Travelling buat kenang-kenangan siapa tau entah beberapa tahun lagi gue baca-baca blog ini dan mengenang gue pernah travelling ke mana aja.

Sooo,
Gue mulai dari Kota Jogja.

Agustus, 2016.

Gue berangkat dari Malang sama temen gue naek kereta ke Surabaya dulu jam 4 subuh. Karena gue nyari-nyari tiket yang paling murah ke Jogja dari Surabaya, so, gue memutuskan untuk naik KA Logawa jam 10.50 dan turun di Stasiun Lempuyangan jam 16.19.

Gambar1.Stasiun Malang Kota Baru jam 04.00

Kita nyampe Stasiun Gubeng sekitar jam 7 an dan mampir dulu ke indomaret buat beli minum setelah itu nyetak boarding pass dan nunggu sampe boleh masuk ke dalem stasiun.

Singkat cerita, gue sama temen gue udah nyampe Lempuyangan dan dijemput temen gue yang kuliah di Jogja.

Gambar2.Depan Stasiun Lempuyangan, Jogjakarta

Kita tidur di kos dia dan mulai pembersihan diri dan mulai main setelah abis maghrib ke Malioboro.

Sebelum ke Malioboro, kita mampir dulu ke Angkringan deket tugu Jogja (sayang banget ga foto disana karna rame banget :() buat makan malem. Jogja terkenal banget sama angkringannya. Tiap lewat jalan raya, dipinggirannya bakalan rame sama yang namanya angkringan.

Gambar3.Salah satu angkringan deket Tugu Joga, gue lupa namanya apa Hehe

Setelah kenyang (padahal belum kenyang2 amat WKWK), kita lanjut langsung ke Jalan Malioboro yang iconic. Kalo belum kesana, itu artinya belum ke Jogja deh. Tapi gue nggak bisa foto di tulisan "Jl Malioboro"-nya Hiks :( Rame banget asli. Sampe antri-antri.

Sambil menyusuri Jalan Malioboro yang sangat panjang, kita mampir-mampir buat liat-liat kaos, gelang, dsb.
Terus ditengah jalan kita ketemu sama pengamen 'grup' yang kece baday. Mereka anggotanya banyak terus pada mainin alat musik bikinan sendiri, terus ada yang nari mas-mas berotot gitu. Sumpah keren banget deh.

Hari kedua!
Berhubung temen gue yang diinepin lagi ga bisa, jadinya gue nyari temen lain yang ngaterin ke destinasi hari ini. Tujuan utamanya sih mau ke Keraton Jogjakarta sama Tamansari. Kita pergi berempat dengan anggota tour kali ini Gue, Irena, Adi dan Rizal.

Masuk ke Keraton Jogja langsung disambut dengan pelataran yang luas banget. Terus banyak banget ruangan-ruangan yang menurut gue di kategorikan berdasarkan tema-tema yang sama. Ditengah-tengah jalan-jalan udah mulai mencar dengan ketertarikan masing-masing. Meski yah ada beberapa spot gue sempet minta tolong fotoin. HEHE

Gambar4. Keraton Yogyakarta

Setelah muter-muter, berhubung hari itu hari Jumat, gue nungguin kedua-temen-cowok-yang-nganterin-main untuk sholat jumat. Sambil gue sama Irena mampir di deket situ ada toko Bakpia.

Destinasi kedua kita berempat pergi ke Tamansari!
Nothing special sih. Tapi yang membuat gue tertarik sih kolamnya yang belum di kuras. HaHa. Warnanya ijo gitu jadi lucu buat foto.

Gambar5.Bagus kan kolamnya ijo gitu WKWK

Terus di tengah-tengah kita dikasih tau bapak-bapak ada tempat yang bagus gitu katanya. Setelah dikasih tau arahan menuju kesana, kita mulai jalan dan melewati beberapa rumah warga. Katanya sih masih satu area, tapi cuman kadang turis males pergi kesana karna terlalu jauh padahal tempatnya bagus.

Dan emang iya sih, meskipun lagi dipake buat foto pre-wedding, kita menikmati lorong-lorong yang ada. Mau foto-foto juga gelap si. HaHa.

Setelah puas dengan Tamansari, kita keluar dari area dan memutuskan untuk nyari makan karna emang udah laper. Pilihan jatuh ke Ayam Geprek Susu. Atau mereka biasa menyebutnya "PrekSu".
Lumayan sih kita ngobrol-ngobrol disitu. Gue nggak terlalu kenal sama Rizal karna notabene dia adik kelas gue. Jadi ya nambah temen lah ya. Ngobrolin soal kuliah, destinasi wisata, danlainsebagainya.

Udah kenyang, kita balik lagi ke kosan temen gue buat istirahat. Setelah sebelumnya mampir Mirota buat nyari titipan kakak gue.
Rencananya malemnya ke Taman Lampion dan Monumen Jogja Kembali (Monjali).
Tapi ternyata nggak sekeren ekspektasi gue. Lebih kayak taman bermain penuh lampion. Semacam BNS sih, versi mini. Mau foto juga ga terlalu bagus kalo pake kamera HP. Jadi destinasi malam itu sedikit kurang menarik.

Gambar6.Gelap kan :(

Hari Terakhir!!
Huhu,
agak sedih sih ya mengingat ini hari terakhir buat gue berada di Jogja (part1).
Kami memutuskan untuk main ke Bunker Kaliadem Gunung Merapi pagi harinya, lalu lanjut ke Hutan Pinus Imogiri pas siang/sorenya.

Seru banget!
Berangkat sekitar jam 6 pagi dan mulai naik dengan medan yang sungguh ekstrim. Ditambah, dtengah jalan turun hujan jadi sedikit nakutin buat lanjut karna jalanan licin. Akhirnya kami memutuskan untuk berenti di salah satu warung sekalian sarapan.

Setelah dirasa bisa buat lanjut, kami memulai lagi perjalanan.
Sumpah ekstrim banget jalannya berbatu terus nanjak banget gitu.
Pas kita udah nyampe parkirannya, kita ditawarin ojek gitu buat keatas. Tapi katanya bisa juga kalo naik motor sendiri, tapi si bapak ojek jadi tour-guidenya gitu.

Terus akhirnya kita memilih untuk dianterin sama bapak ojeknya dan sekalian dijelasin tentang tragedi kematian wartawan yang terjebak di Bunker saat tragedi meletusnya Gunung Merapi.

Setelah itu kita mampir ke rumah Mbah Maridjan yang udah tinggal puing-puingnya aja. Dan disampingnya juga beliau disemayamkan.

Gambar7.Sisa-sisa kenangan Letusan Gunung Merapi

Setelah udah mulai capek dan siang akhirnya kita mutusin untuk turun dan balik ke Jogja lagi. Gleler-gleler sebentar di kosan sekalian mandi dan sholat dhuhur. Dan kita memutuskan buat ke Hutan Pinus sekitar jam 3 sore.

Dengan medan yang nggak-kalah-ekstrim, kita berjuang buat naik kesana.
Sumpah kalo hutannya biasa aja gue nyesel sih. Tapi ternyata emang worth it kok.
Aku aja pengen kesana lagi masa :(


Dan dengan berakhirnya jalan-jalan ke Hutan Pinus ini, juga jadi akhir destinasi yang kita datengin.
Kita balik ke Malang naik Malioboro Express jam 8 malem dan langsung teler karna badan kerasa capek.
Tapi emang kenangan banget sih Jogja.
Nggak tau kenapa kota ini bikin rindu.
Semoga ada kesempatan buat kesini lagi.
Amin.


_______

Oiya,
Gue juga bikin Travel Video Story pas lagi di Jogja kemaren.
Bisa dilihat disini guys!


PS: ini gue ngerasa nulisnya kurang menarik ya. WKWK
Gue harus lebih banyak belajar bikin Travel Story sepertinya :D

2017, My Birthday My Transition

NOTE: Btw ini harusnya aku post tanggal 6 Februari tahun lalu astaga. Aku kelupaan nyimpen di draf belum ke publish. HaHa
Ya niatnya buat motivasi diri aja sih nulis seperti ini. Semoga dapat saling memberi pelajaran dan menebar semangat!~

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 

Haii,
Balik lagi gue disini.
Setelah rasanya lama banget ga sih gue nggak nulis blog ini.

Yaaa,
Semester 3 berlalu dengan cepat. Nilai udah keluar dan gue masih sangat bersyukur karna nggak lebih buruk dari semester lalu.

Gue masih nunggu jadwal KRS disini. Menghabiskan waktu dengan kesia-siaan. Glelar gleler di Kasur. Nonton drama. Nonton film. Dan gue nggak berada jauh sekali dari kata produktif.

Abis ujian kemaren gue sebenernya ada trip kecil-kecilan ke Jateng. Gue pergi ke Purbalingga dan berakhir di Jogja. Ya, Jogja. Lagi. Nggak ada plan kesana, seriously. Tapi gue kehabisan tiket buat balik. Ke Surabaya, Malang, Tulungagung. Semuanya sold out. Maklum hari itu emang weekend sih. Dan gue juga nggak berencana apa-apa buat balik pada tanggal itu. Singkat cerita gue sebenernya pengen  banget buat mampir ke Solo atau Semarang. Gue sangat penasaran dengan kota Semarang. Nggak tau kenapa. Dan, ya, gue nggak punya temen yang kuliah disana. Dan di Solo, temen gue lagi ada event kampus yang harus nginep selama kurang lebih empat hari. So, gue memilih Jogja.


No plan. Sendirian, meskipun emang sering sih gue travelling kemana-mana sendirian. Gue juga nggak bawa duit banyak-banyak. Seriusan. Gue bahkan cuma bawa duit nggak nyampe 200 ribu kesana. Gue sebenernya emang nggak niat buat main-main ke tempat yang mengharuskan buat bawa duit banyak sih. Cuma ke alun-alun kidul ngobrol sama temen gue sampe larut malem, pagiya ke Sunday Morning UGM, terus besoknya gue ke Tebing Breksi, belanja titipan kakak gue ke Pasar Bringharjo dan campus tour di UGM sampe abis maghrib. Besok paginya gue balik pagi jam setengah 8 naek Malioboro Express.
Melakukan sesuatu dengan spontan bisa aja menyenangkan. Well, mungkin karna melakukan sesuatu dengan spontan banyak melibatkan hati bukan pikiran. Mungkin karna kita fokus pada pengalamannya dan rasanya bukan karna hasilnya.
Sekali-kali emang butuh kok loncat dulu, mikir belakangan!

Cerita di Purbalingga? Nggak menarik banget sih. Tapi gue seneng. Banget. Bisa ketemu ponakan-ponakan gue. Dua cowok keren gue yang sangat gemesin. Kadang gue berfikir bagaimana mereka bisa tumbuh dewasa nantinya. Tetep keren? Pasti. Disukai banyak cewek? Yakin. Dan gue berfikir bagaimana kalo gue bisa di posisi seperti yang kakak gue sedang lakukan. Menjadi seoraang ibu. Kayaknya berat nggak sih? Haha

So, hari ini tepat hari ulang tahun gue.
Kepala dua.
20 tahun.
Really???
Gue udah setua itu ya? Haha
Gue bahkan kadang masih ingat gimana gue bisa eek di celana waktu TK. Atau gue yang nagisin banget kematian Goldy, ikan peliharaan gue tersayang. Lari-larian main kasti jaman SD. Jaman menghadapi cinta labil ala-ala ABG. Dan semua itu berlalu gitu aja.

Gue pernah denger kutipan di salah satu drama yang pernah gue lihat.
Katanya angka 9 itu angka yang sangat krusial bagi kehidupan manusia. Jika kamu ada di umur yang mengandung angka itu, akan banyak hal penting yang bakal kamu alami.
9 tahun, 19 tahun, 29 tahun, 39 tahun, 49 tahun, seterusnya sampai kamu nggak ketemu angka itu lagi.

Dan gue sangat syok ketika menghitung mundur apa yang terjadi sama gue diumur gue ke 9 tahun. Tepat pada tahun 2006. Nggak ada yang gue inget. Sama sekali. Gue Cuma inget kalo itu adalah tahun kakung gue meninggal. Itukah krisis yang gue alami waktu itu?
Dan ditahun ini? Selama gue berumur 19 tahun? Aku tidak merasa ada hal krusial yang terjadi pada gue. Alhamdulillah. Gue bersyukur mungkin nggak ada, atau gue yang nggak merasa kalo hal itu terjadi. Haha.

So,
Disini gue bakalan sedikit berjanji untuk bakal nulis blog ini saat gue ulang tahun.
Dan juga saat tahun baru.
Oke, setidaknya ada 2 tanggal penting dalam setahun gue ngisi blog ini, kalo misal gue bakal males banget nulis lho. Haha.

Dann,
Ulang tahun ya?
Nothing special. Even someone, or something.
Kalo menurut ramalan gue bakal ketemu cowok baru dan PDKT sama dia lhoo. Haha
Gue emang suka banget baca ramalan btw.
Tapi gue nggak percaya 100% kok.
Gue kadang jadiin mereka acuan positif supaya gue ada pegangan kalo gue mau lari kenceng ngejar suatu tujuan. Biar gue ada yang megang kalo misal mau jatuh.
Karna gue sadar,
gue nggak cukup kuat untuk sendirian.

2018, Gue Harus Lebih Berani Melangkah

2018.

Cepet banget nggak sih?!

Seperti tahun sebelumnya, gue membuat tulisan detik-detik tahun baru di blog sebagai rutinitas tahunan. Setidaknya buat ngingetin gue momen akhir tahun kayak gimana, apa yang gue harapkan, gimana situasi saat itu, dsb.

Banyak banget.

Banyak banget yang gue laluin di tahun 2017 ini.

Dari yang mulai sesuai plan gue hingga yang emang diluar itu tapi emang positif lah ya.

Kaleidoskop 2017 

Dimulai dari gimana gue yang stres-stres sendiri nggak jelas dimalam ulang tahun gue, bulan Februari kemaren. Gue yang ‘belum siap’ berumur 20 merasa desperate.

Gue ngafe sendirian dan mengenang gimana gue menghabiskan umur-umur sebelumnya. Apakah sia-sia atau terpakai dengan baik. Gue pergi ke Blessing dan yaudah memandangi area café yang banyak orang lalu lalang.

Bulan berikutnya gue diterima Ei Lab. Yang emang udah dari jaman maba gue pengen banget gabung mereka. Gue merasa Ei Lab membawa pengaruh besar dalam hidup sekarang, khususnya di bidang desain grafis.

Dulu cuman Ei Lab yang percaya bahwa gue layak buat diterima jadi Staf PDD di event Brawijaya Startup Action 2015. Dimana posisinya gue masih belum jago sama desain. Karena gue emang baru belajar desain ya pas Mahasiswa Baru. Tahun 2015. Bulan September karena baru dibeliin laptop sama Mama. Dan Ei Lab nerima gue :’). Thanks once again! (hug)

Setelah gabung Ei Lab gue dipercaya buat jadi Head of Marketing di Brawijaya Startup Action 2017, tahun ketiga gue ikut kepanitiaan ini.

Disini gue belajar banyaaak. Banyak banget buat jadi leader. Ya meskipun gue juga belum bisa jadi leader yang baik ya, tapi di situasi seperti itu gue jadi mempunyai kesempatan buat mengasah skill di bidang leadership.

Sekitar Bulan Mei, temen gue seangkatan yang super, si Taufic, lagi build startup namanya Talangin. Dia dan timnya open volunteer gitu. Gue pengen banget, sumpah pengen banget belajar-belajar gitu. Cari pengalaman, cari temen, circle yang sama. Tapi gue masih belum cukup berani buat daftarin diri karna ya itu tadi, takut diri gue nggak layak gitu lho. Pasti banyak yang lebih bagus dari gue yang bisa ketrima. Tapi ya kita juga nggak bakal tahu kalo nggak nyoba kan. Kadang pikiran-pikiran nggak penting gitu itu yang bisa menghalangi langkah lo buat maju. Dan disini gue memilih untuk menyingkirkan kerikil itu dan mengembangkan diri.

Di tahun ini juga, tepatnya Bulan Mei gue traveling ke Solo. Gue ngajak dua temen gue Irena sama Tita buat backpacker an dan nginep di teman-temaan yang sungguh-sangat-baik di sana. Ada Nisrina, Anggihat, Bella, Fitria. Dengan senang hati nganterin kami bertiga jalan-jalan mengelilingi Kota Solo. Mungkin cerita traveling ke Solo bakalan gue ceritain terpisah (entah kapan HAHAHA).

Dan tiada lagi yang bisa gue ucapin selain terima kasih sekali lagi, buat Ei Lab. Bulan Juni gue dapet apresiasi Best Staff of Marketing Department!! Nggak nyangka sih kenapa kok bisa kepilih, but gue tetep bersyukur dan menjadikan ini sebagai penyemangat buat kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Tahun ini gue juga ke Batam lagi, seperti tahun-tahun biasanya. Belajar banyak hal tentang kehidupan sama kakak gue (big hug). Ngemong ponakan yang ternyata udah dua aja. Terus sambil menyelam minum air, magang informal (bukan dari kampus) di salah satu startup kurir. Cerita lengkapnya gue tulis disini.

Di Bulan Agustus gue ikutan roadshow dari Nextdev dan sedikit membangkitkan semangat gue buat ikutan lomba. Apapun itu yang penting gue harus nyoba ikutan lomba.

Pas Training Organization Ei Lab pun, gue nulis harapan bahwa tahun ini gue harus bisa ikutan loba. Entah itu menang atau kalah, yang penting gue udah berani buat melangkah nyoba.
Dan disinilah gue mulai memberanikan diri untuk mencari informasi lomba. Sebegitu ciutnya nyali gue, sampai liat informasi lomba aja kayak merasa nggak mampu gitu lho. Payah.

Akhirnya gue nemuin satu event dari BNI namanya BNI Hackfest 4th Round Bandung. Sebenernya mereka ngadain di Malang juga, tapi gue ketinggalan informasi. Setelah itu gue mulai nyari tim dan kebetulan ada temen si Bochan kuliah di ITB Bandung dan dia anak Teknologi Informasi dan ngajak salah satu temennya Adya buat gabung di tim. Karena lombanya sebenernya emang Hackathon gitu lebih ke ngoding. Gue ceritain di post tersendiri deh biar enak (entah kapan HAHA).

Singkat cerita kami ternyata lolos! Kami masuk top 50 dari 293 ide dan berhak melakukan marathon di Bandung Digital Valley.

Meskipun nggak masuk 3 besar juara utama, gue sih udah seneng yaaa. Bisa sekalian main ke Bandung wkwk. Karna emang Bandung jadi salah satu wishlist gue sih buat traveling. Ya buat penghiburan kami juga udah masuk juara 3 sosmed challenges. WKWK

Dari ikut lomba yang itu gue jadi ketagihan gitu buat nyoba-nyoba opportunity yang lain.
Gue ikutan E-fest, lomba business plan dari Filkom UB. Kebetulan gue diajak sama Sarah, temen satu volunteer di Talangin, sama satu temennya anak TI UB si Kris. Kita lolos tahap BMC dan mulai hectic saat mengerjakan business plan yang baru kami upload jam 23.29 dari 23.30. Itu pengalaman banget sih. Makasih Sarah! Makasih Kris! Ayo kita lanjutin perjuangan kitaaa!!

Di Bulan Oktober gue nemuin satu lomba namanya SEIZE dan gue nyoba buat ikutan dan ngajak temen gue SMA namanya Richa, anak Akuntansi UB. Gue udah lama banget sih pengen lomba sama dia. Tapi kayak belum ada kesempatan gitu. Dan akhirnya gue memutuskan buat maju sama dia di lomba ini. Gue ngajak anak Filkom juga sebagai hacker dan dengan penuh drama dan lika liku dia ngilang ditengah-tengah timeline lomba. Dan tugas kampus gue juga lumayan banyak saat itu, gue sama Richa berdua nyelesein PPT tahap awal untuk dikirim.

Dan tanpa diduga-gua, sumpah ya, gue aja udah pesimis dan yakin nggak bakal masuk. Tapi ternyata kami masih top 50 dari 300an yang udah kirim berkas.

Dan masih dengan drama hacker-yang-hilang, kami tetep nyelesein sampe deadline. Kami lakuin semampu kami. Gue belajar bikin prototypenya, bikin PPT bareng Richa. Kami belajar banyak sih disini. Tapi memang belum maksimal dan harus menerima itu. Kami nggak termasuk 7 tim yang lolos dan bisa presentasi di Jakarta.

Setelah itu gue masih belum kapok sih ikutan lomba-lomba gitu. Malah semakin ketagihan dan nggak mau berhenti. Kebetulan temen gue Fifi pengen banget ikut lomba, tapi dia nggak tahu harus mulai darimana dan lomba sama siapa. Terus gue yang merasa pernah di posisi sama kayak dia ngajak aja tanpa basa basi buat ikutan lomba Top Generation. Gue sampe nginep-nginep dirumah Fifi buat nyelesein lomba itu. Tapi emang dibawa santai dan sambil belajar sih, jadi ya meskipun kita nggak lolos juga nggak papa. Pengalaman nggak ternilai harganya sih.

Dan dipenghujung penutupan tahun ini, bulan Desember, kami bisa menyelesaikan event Brawijaya Startup Action 2017 dengan bombastis! Pecyah banget dan ngerasa  puas gitu lho. Banyak banget pelajaran berharga yang bisa dipetik. Management waktu, management emosi, leadership dan skill-skill yang lainnya jadi makin bertambah.

Dan yang tak kalah penting, gue sudah bisa melalui drama jerawat yang tak kunjung usai. Dari yang awal tahun super galau karena jerawat gue yang parah, sekarang setidaknya gue sudah tahu pemicunya apa dan muka gue udah nggak bereilef lagi. Meski masih ada bekas jerawatnya sih.

Soooo,

Di batas antara tahun 2017-2018 ini, gue cuma bisa bilang terimakasih sama Allah, gue diberi kesempatan untuk belajar dan terus belajar. Menjadi pribadi yang (mudah-mudahan) selalu bersyukur dan rendah hati.

Gue cuma pengen tahun depan gue bisa lebih pinter lagi ngatur waktu, management emosi juga, lebih bisa nyari peluang. Jangan pesimis duluan dan berpikir macem-macem yang overthinking. Pokoknya berani melangkah aja gitu lho, asalkan emang kegiatannya positif.

Lebih bisa banyak senyum. Banyak rezeki dan bisa membahagiakan keluarga dengan apa yang gue raih ataupun apa yang gue beri.

Selamat Tahun Baru 2018.
Selamat menuju 21 tahun,
(InsyaAllah semoga diberi umur panjang oleh Allah)
Dan menemukan pendamping skripsweet.

Apa Pentingnya Belajar dari Konsep?

Pernah nggak sih lo mikir, mempertanyakan suatu hal kok bisa jadi kayak gini. Gimana suatu kejadian bisa membuat sesuatu hal lain. Kenapa kok gini. Kenapa kok gitu. Sampai akhirnya lo sadar kalo pertanyaan yang melayang di otak lo itu nggak penting-penting amat.

Padahal kalo lo bisa telusurin lebih jauh pertanyaan itu, lo bisa dapet suatu jawaban yang seru. Kayak misalnya, kenapa sih Indonesia (terutama Jakarta) itu macet. Oke lo dapet jawaban kalo kebanyakan disana orangnya pada bawa mobil pribadi. Terus alasannya apa kok mereka lebih milih pake mobil pribadi? Karna transportasi umumnya nggak nyaman, mahal dan juga kelamaan ngetem, bikin waktu tempuh juga lama. Terus kenapa mereka nggak ngojek aja? Cepet. Nggak macet. Lebih murah? Nah, ini masalah utama dari kenapa kebanyakan orang males ngojek. Karna selain kita susah dapetin tukang ojek yang deket, kita juga nggak tau harga ojek dengan pasti di awal. Ini nih yang gue rasa jadi pemikiran awal Nadiem Makariem bersama teman-temannya. Gila. Dari pertanyaan simpel yang tiba-tiba lewat aja, dia bisa bikin perubahan yang besar. Gokil sih.

Nah, kalo lamunan sesederhana itu bisa bikin kita nemuin solusi gede, gimana kalo kita ngelamunin isu-isu penting di lingkungan kita atau hal-hal yang lebih filosofis. Gue yakin banget sih kalian semua juga sering ngelamunin hal-hal sepele yang tiba-tiba lewat aja. Entah kenapa lalat bisa terbang, kenapa kita hidup (ciee existential crisis :p), kenapa gebetan mulai cuek, kenapa susah banget buang sampah pada tempatnya, kenapa peradaban di dunia ini beda-beda, kenapa persebaran teknologi nggak rata, kenapa bisa negara X lebih maju daripada negara lain, kenapa korupsi udah mendarah daging, dan kenapa-kenapa yang lain yang mungkin jawabannya nggak terbayangkan sebelumnya.

Nah, proses berpikir yang gue omongin tadi itu namanya First Principles.

Gue mau narsis dulu. Haha.

First Principle ini ternyata awalnya dicetusin sama Aristoteles. Si Mbah Aris ini selalu nyari prinsip utama atau asal dari segala sesuatu. Jadi, proses berfikir ini ngajak lo buat ngulik sesuatu sampe dasar banget, sampe mentok nggak bisa dipecahin lagi. Tapi dia cuma ngajuin pola pikir ini aja, belom ada penjabaran selanjutnya yang lebih jelas.

Gue pertama kali ngerti konsep ini malah pas baca biografi Euclid, si Bapak Geometri yang punya buku Euclid's Elements. Jadi setelah pola pikir ini ada, si Euclid yang jabarin dengan prinsip dasar geometri dengan tiga konsep: Definitions (horoi), Postulates (aitemata) dan Common Notions (koinai ennoiai). Wadaw. Apaan tuh geometri-geometri males banget ngomongin matematika. Tenang aja, disini gue cuma nyeritain aja asal muasalnya. Kalo penasaran makin penasaran, lo bisa google sendiri deh.

Nah, dari penjelasan gue diatas udah sedikit tahu lah ya gimana pola pikir First Principle bisa ngebantu menemukan akar masalah dan nemuin solusinya. Tapi sebenernya ada beberapa manfaat yang lebih dekat kaitannya tentang First Principle ini dengan kehidupan sehari-hari kita.

1. Ngatasin Fobia dan Ketakutan Nggak Rasional Lainnya
Gue mau kenalin lo sama Elon Musk (nyatanya dia lebih terkenal dari gue HaHa). Pas kecil dia punya fobia sama kegelapan. Tapi setelah dia mulai berfikir dengan konsep ini yaudah, gelap cuma karna nggak ada foton aja, sih. Jadi ya nggak rasional aja kalo takut sama gelap.

 "When I was a little kid, I was really scared of the dark. But then I came to understand, dark just means the absence of photons in the visible wavelength--400 to 700 nanometers. Then I thought, well, it's really silly to be afraid of a lack of photons. Then I wasn't afraid of the dark anymore after that." -Elon Musk

Contoh lainnya misalnya gue. Gue nggak suka kalo memulai suatu, misal gue mau ngelakuin olahraga tiap pagi nih, gue nggak suka kalo itu nggak dimulai dari awal pekan. Gue harus mulai di hari Senin. Padahal kalo setelah dipikir-pikir semua hari itu sama aja, nggak ada bedanya. Itu adalah salah satu penghambat gue untuk melakukan sesuatu segera, biar nggak kelamaan. Ujung-ujungnya malah nggak jadi, dan olahraga itu cuman jadi angan-angan aja, nggak terealisasi. Gue-nya nggak maju-maju dan yaudah bubar aja. Setelah dirunut-runut kayak gitu gue sekarang jadi lebih santai buat ngelakuin perubahan kapanpun (nggak juga sih :v).

2. Matahin Kepercayaan yang Udah Nggak Relevan
Gue pernah (pas SMP atau SMA gue lupa), pernah dibilangin jangan ngejahit kalo malem-malem. Katanya pamali, nanti ada keluarga yang kecelakaan. Nah, dengan First Principle ini gue cari asal mulanya. Nggak boleh malem-malem mungkin karna gelap kali ya, takutnya kan ntar ketusuk hatinya jarinya kan jadi sakit. Dulu kan belom ada lampu dan masih pake ublik yang sangat minim pencahayaan.

Kita tuh sering banget asal ngikut tradisi tanpa tau sebenernya asal muasalnya kayak gimana. Kalo misal ditanya kenapa, jawabannya yaudah emang dari sononya kayak gitu. Saking mengakarnya sebuah tradisi bahkan buat tanya aja jadi hal yang tabu. Dengan lo mengimplementasikan First Principle ini lo jadi tau dan ngerti tradisi mana yang baik dan mana yang harus ditinggalin.

Penerapan First Principle dalam Sains dan Teknologi
Setelah gue nyari-nyari tentang First Principle ini, ternyata ada satu tokoh yang menggunakan pola pikir ini dalam Sains dan Teknologi. Namanya Elon Musk (yang gue kenalin tadi). Dia seorang inovator sukses dengan segudang jabatan penting kayak: CEO dan CTO perusahaan SpaceX, dia juga Chief Product Architect di Tesla Motors, jadi Dewan Direksi di SolarCity, dan juga Co-Founder layanan uang online, PayPal.

Sepak terjang Elon pertama kali ketika mendirikan PayPal. Awalnya dia gemes banget tiap belanja online harus masukin data kartu kredit pribadinya. Ini kan rentan banget buat jadi korban cyber crime. Dengan sistemnya PayPal, pembelanjaan online nggak harus langsung ngasih data dan pembeli jadi lebih terlindungi. Paypal sukses dan terjual ke eBay.

Dengan duit kesuksesan dari PayPal, Elon lalu nggak ngehambur-hamburin seenak gitu aja. Sejak kecil dia terobsesi banget sama mobil listrik. Dia yakin nih, kalo mobil listrik bisa jadi salah satu alternatif buat nggak bergantung sama bahan bakar fosil. Dia akhirnya mendirikan Tesla Inc. Selain itu, ternyata Elon juga berambisi untuk menjadikan manusia sebagai spesies antar planet. Maksudnya, manusia jangan tinggal di bumi aja. Manusia bisa hidup di planet lain karna suatu saat bumi pasti bakal hancur karna kebanyakan populasi, global warming, perang, bencana alam dlsb. Dia pun membangun SpaceX yang fokus buat roket perjalanan luar angkasa.

Gila, keren banget nggak sih. Saking nyentriknya nih, dia sampe dijuluki The Real Life-nya Tony Stark, si Iron Man!

Sebelum mendirikan SpaceX, si Eron ini mikir untuk gimana bikin roket yang bisa nganterin pulang pergi dari bumi ke planet lain. Dia mulai nyari-nyari info dan ternyata proses pembuatannya itu mahal banget. Cuma satu kali perjalanan aja bisa ngabisin dana yang nggak kecil. Disinilah si Elon mulai mikir pake First Principle.

Sebenernya apasih yang bikin roket itu mahal. Bahan baku buat bikinnya apa sih. Tepung roti coy. itu kroket sis. Ini roket. Dia coba list apa aja komponen yang paling mendasar banget dari roket. Terus apa sih yang bikin perjalanan ke luar angkasa itu super mahal. Oke, karna roketnya aja udah mahal kali ya, sekali meluncur udah jadi sampah luar angkasa aja. Berarti roketnya harus dibuat dengan bahan yang lebih murah, dong. Terus roketnya bisa balik ke bumi, jadi bisa dipake berulang kali deh. Hasilnya? Sampe tahun 2017, SpaceX jadi pencatat sejarah sebagai yang pertama dan telah berhasil beberapa kali meluncurkan roket luar angkasa dan mendaratkannya kembali ke bumi. Gokil sih.



Menerapkan First Principle dalam Proses Belajar

Oke, mungkin sekarang setelah membaca kisah Elon Musk lo ngerasa cuma jadi butiran rempeyek. Tapi kalo lo tekun menerapkan proses berpikir First Principle ini gue yakin lo bisa tumbuh jadi pribadi yang berwawasan luas, bisa lihat berbagai masalah dan nemuin solusinya.

 "The First Principle is that you must not fool yourself. And you are the easiest person to fool." -Feynman

Feynman ini dikenal sebagai The Great Explainer dan The Great Teacher karna ahli menyederhanakan ilmu pengetahuan. Nah ternyata si Feynman ini punya metode sendiri buat mempelajari sesuatu hal yang baru, namanya Feynman Method. Metode ini ternyata turun dari First Principle, lho.

#1: Pilih konsep yang lo mau pelajari
Yaudah tulis aja di kertas, lo pengen belajar tentang apa. Cari konsep dasarnya apa. Disini lo bakal tau keterkaitan satu materi dengan materi yang lain. Jadinya lo belajar dari konsepnya, bukan cuma menghapal doang.

#2: Pura-pura ngejelasin ke orang lain
Salah satu alasan kenapa gue mau bantuin temen gue kalo lagi bingung sama mata kuliah itung-itungan adalah karna gue bisa mengasah ilmu yang udah gue punya. Gue jadi bisa ngejelasin dengan bahasa gue sendiri dan gue jadi bisa ngerti apa sebenernya yang dimaksud sama pelajaran itu. Padahal gue mah nggak paham-paham amat. Gue paham malah setelah ngejelasin dan belajar bareng sama mereka.

#3: Cari mana yang belom lo paham dan cari tau lagi ke sumber-sumber terpercaya
Setelah ngejelasin ke orang, review lagi bagian mana nih yang lo masih ragu, masih belom ngerti banget. Setelah itu cek lagi dan cari tau di internet. Carinya di sumber terpercaya lho ya, misal kayak Google Scholar, Instagram lambe turah, forum akademik, channel youtube gue HAHA, dlsb. Pokoknya sampe lo bener-bener paham deh.

#4: Ganti istilah yang rumit jadi bahasa sederhana
Mungkin ada beberapa kata yang lo temuin dan istilahnya bikin pusing. Nah lo bisa nyederhanain bahasanya dengan bahasa sendiri yang lebih mudah buat dipahami.

First Principle ini selain bisa ngebantu lo buat mikir dan ngebangun pengetahuan secara fundamental, dia juga bisa ngebantu untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang lo punya. Makanya, ini tuh thinking skill yang penting untuk lo bangun dari sekarang. That's why lo harus belajar pake konsep.

Udah segitu aja ya gue ngebacot soal First Principle. Nggak kerasa gue udah nulis banyak banget. Semoga apa yang niat awal gue mau sampein ke lo nyampe dan bermanfaat ya.
See you, when i see u.

#1 Ngapain ke Batam?

Gue baru balik dari Batam beberapa hari yang lalu.

Niat awal adalah gue pengen nambah pengalaman dengan magang mandiri di salah satu startup bidang kurir barang disana. Gue udah mulai browsing-browsing dari tiga bulan sebelum gue berangkat dan ketemulah sama salah satu platform D'Kurir.

Gue mulai hubungin CP nya dan dia dengan senang hati nerima gue buat jadi anak magangnya.

Bandara Juanda Surabaya Pukul 4 AM

Singkat cerita gue terbang ke Batam dan sampai lah disana di rumah kakak yang udah tinggal disana sejak nikah, kira-kira lima tahun. *lama juga ya ternyata

Setelah itu gue buat janji ketemu sama foundernya tepat seminggu setelah lebaran.

Kita ngobrolin beberapa hal tentang startup yang dia bangun dan gue mulai cari tahu gimana sistem dan cara kerja D'Kurir ini sendiri.

Ternyata startup dia ini cuma sambilan doang. Dia kerja di salah satu PT di Batam daerah Tunas (daerah-daerah pabrik2 nih coy) di bagian teknisi. Dia ngejalanin startupnya ini awalnya bertiga bareng temennya, tapi karena udah pada males-malesan akhirnya dia sendiri yang ngelanjutin sampe sekarang. Katanya D'Kurir ini udah dibentuk dari tahun 2015.

Dan karna hanya sebagai sambilan inilah startupnya jadi nggak terlalu bergairah, nggak sebesar Wak-Jek ojek onlen di Batam (sebelumnya gue juga ngajuin magang di Wak-Jek tapi katanya dia belum nerima anak magang. HIKS). Yang make tetep ada, tapi menurut gue sistemnya masih agak ribet.

Dia emang pake web, tapi (menurut gue) webnya nggak membantu dengan baik. Jadi kebanyakan yang pake jasa dia emang yang udah langganan jadi tinggal order lewat WA, meskipun sesekali emang ada yang order via web sih.

Selain bidang kurir, D'Kurir ini sendiri juga mengembangkan startupnya dibidang internet marketing. Jadi ada banyak banget cabangnya jadi beberapa kayak: D'Tiket, D'Asuransi, D'Advertising, D'Ebook, D'Tur, D'Saham, dan masih banyak banget D-D yang lainnya deh.

Terus setelah panjang lebar dijelasin sampe gue digigitin nyamuk, akhirnya gue disuruh milih, mau magang dibagian yang mana. Kalo untuk D'Kurir diutamain buat yang berdomisili di Batam. Kalo buat yang lainnya bisa aja misal gue balik juga tetep bisa magang. Bahkan gue dibebaskan untuk sampai kapan aja terserah magangnya. Mau lanjut bukan magang (alias kerja beneran) juga boleh. Yah, itung-itung mah belajar ya kalo saya. Sama nambah channel juga lumayan. WKWK

Selain milih bidang, gue juga disuruh milih mau pake media promosi apa. Ada banyak banget mulai fanspage FB, WA, Instagram, dan beberapa macem media sosial lainnya yang gue lupa.

Setelah berfikir semalaman (gue ketemu mas-nya 2 kali, jadi yang pertemuan pertama buat sharing yang kedua buat ngomongin kontrak dsb), gue akhirnya memilih untuk belajar di D'Tur dengan media promosi Instagram.

Kenapa memilih Tur?
Karna gue suka jalan. HAHA
Selain itu juga gue lagi ada sedikit kepengen bikin sesuatu tentang pariwisata Indonesia. Mungkin dengan langkah awal gue mempelajari bidang ini, gue sedikit banyak tau lah ya.

Kenapa memilih Instagram?
Sebenernya dari semua sosial media yang ada, saat ini yang paling bagus banget buat dijadiin media promosi adalah fanspage FB. Disana gampang banget buat ngegaet konsumen bahkan penyebarannya juga cepet dan murah.
Tapi nggak tau kenapa gue penasaran aja sih sama Instagram.
Gue pengen belajar lebih dalem soal riset prime-time, hashtag, dan segala macem tetek bengek soal instagram,

Dan seperti itulah magang kerja gue yang beneran.
Emang ada yang nggak beneran?
Tentu.
Lebih penting dari magang kerja ini malah.
Magang ngurus anak >.<

Mungkin bakal gue ceritain di next post kali yaa, ini udah panjang dan gue udah mulai bosen liat layar.

Semoga dapet pelajaran di curhat gue yang singkat ini! ^^

Takut Sendirian, Lo Harus Baca Ini!

NOTE: Kalo lo masih suka sebel ketika lo ngeliat atau membaca sesuatu yang nggak lo setuju, artinya lo belum dewasa-dewasa amat. Lo belum bisa memisahkan antara emosi dan logika beragumen. Biasain deh nggak usah emosi. Ini ngelatih lo untuk menerima sesuatu dari sudut pandang berbeda. Gue nulis blog ini no offense, ya. Gue pure pengen banget nulis apa yang selama ini gue resahkan, dari sudut pandang gue. Selamat mikir.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Beberapa hari yang lalu gue kumpul sama beberapa temen disalah satu café bertema Korea deket rumah gue. Ada salah satu bahasan menggelitik yang pengen banget gue bahas disini. Salah satu temen gue tiba-tiba bilang kalo dia udah nggak betah buat jomblo. 

Nggak tahu ya, apa karna kita beda frekuensi pikiran atau gimana, gue takut kalo dia sebenernya cuma takut buat sendirian. Takut kalo semuanya bakal menjadi nggak berarti kalo dia jalan sendirian. Insecure sama kemampuan diri sendiri untuk bisa menjadi mandiri dalam menghadapi struggle-nya kehidupan.


“Seseorang semestinya memutuskan bersama orang lain karena menemukan keutuhannya tercermin, bukan ketakutannya akan sepi.” –Rectoverso, Dee.


Entah kenapa kalimat dari novel Dewi Lestari itu nancep banget dipikiran gue.


Kebanyakan dari orang yang gue perhatiin, mereka lebih takut untuk menjadi sendirian daripada memperbaiki kualitas diri untuk mempersiapkan seseorang yang bakal datang (buat lo) memiliki kualitas yang bagus juga. Yang equal sama diri kita.

Pasangan itu mirrors.
Menurut gue, jatuh cinta itu kayak persamaan matematika sederhana.
Ketika lo pengen dapet pasangan yang punya nilai sembilan, ya buat diri lo sembilan dulu.
Orang yang nilainya enam nggak bakal mungkin bisa bikin orang nilai sembilan tertarik.
*Apalagi kalo ada orang yang bilang, “Kamu itu nilainya terlalu tinggi, gue nggak bisa sejajar sama lo.” Mending langsung tinggalin aja. Lo sama sekali nggak berhak buat bersama orang kayak gitu.
Persamaannya nggak jalan.

Kalo lo punya niatnya biar nggak jomblo aja, buat apa?
Mending lo gunain waktu itu buat lebih mencintai diri lo sendiri.

Kalo lo nggak bisa cinta sama diri lo sendiri, nggak bisa sayang sama diri lo sendiri, gimana orang lain bisa ikut-ikutan cinta dan sayang sama lo.
Kalo lo sayang diri lo sendiri, lo bakalan ngasih yang terbaik buat diri sendiri. Lo bakalan merawat diri, mengapresiasi diri, melindungi diri, mengemas diri dengan kemasan terbaik, ,mengisi diri dengan pengetahuan terbaik menampilkan diri dengan kepribadian terbaik, dll. Lalu orang lain yang ngelihat lo sangat terawat dan menarik kayak gitu, bakal ikut-ikutan sayang sama lo.

Sebaliknya,
Kalo lo nggak sayang sama diri sendiri, lo nggak ngasih yang terbaik buat diri lo. Lo nggak peduli kucel kayak apa. Lo nggak apresiasi, nggak ngerawat, nggak dkemas, nggak diperhatiin, nggak diurus, lebih sayang junk food dibanding bentuk badan, dan berbagai bentuk penelantaran-penelantaran lainnya. Lalu orang lain ngelihat lo nggak keurus dan nggak menarik kayak gitu, lalu ikut-ikutan nggak sayang sama lo.

Make sense, kan?
Itu udah menjawab semua kenapa orang lain nggak bisa tertarik sama lo.
Lo butuh yang namanya cinta sama diri sendiri, sayang sama diri sendiri.
Lakuin itu dulu. Nggak usah mikir kejauhan kalo lo nggak kuat sendirian.

Hal lain, lo bisa cari potensi apa dalam diri lo yang selama ini nggak bisa lo liat. Cari batas kemampuan diri lo sampe mana. Lakuin hal-hal yang belum pernah lo lakuin.

Lo bisa ngelakuin semuanya sendirian. Lo-nya aja yang men-judge diri lo sendiri kalo nggak bakal mampu!

Suntuk?
Lo bisa travelling.
Bukan, ini bukan pergi ke Bali, terus foto-foto di bar pinggir pantai terus upload ke social media. Tapi jalan-jalan ke pelosok Indonesia. Naik angkutan umumnya. Ketemu orang-orangnya. Nyobain makanan tradisionalnya.
Kalo udah ada duit, bisa mulai agak jauh ke luar Indonesia. Biar tau rasanya jadi minoritas dan belajar menumbuhkan empati.

Hidup mikirin status relationship cuma bikin hidup lo terbuang sia-sia.

Apalagi  ngurusin yang namanya baper.
Dan menurut gue, mau dibungkus dengan pembelaan apapun, baper adalah kesalahan diri sendiri karena berurusan dengan harapan yang lo buat sendiri.
Grow up and take responsibility of your own action and thoughts.

Capek sendirian?
Kalo lo nggak capek, berarti lo sedang nggak memperjuangkan apapun dalam hidup lo.
Capek itu wajar kali.

Ada salah satu temen yang sempet tanya kayak gini ke gue, “Lo pernah nggak sih, ngerasa butuh seseorang?”

Well,
Emang ada sih saat terendah dalam diri gue yang bener-bener nggak bisa bangkit dan semacam males mikirin semuanya sendirian. Tapi apa, gue masih punya Alloh.
Gue masih punya Yang Maha Segalanya dalam hidup gue.

Seriously, Dia adalah satu-satunya tempat dimana gue bisa ngomong apa aja tanpa gue malu. Tanpa harus gue menutupi sesuatu. Dia pasti dengerin gue. PASTI!

Dan ketika lo bener-bener berada di titik puncak dari kesuntukan yang lo alamin, tenang aja. Nggak lama lagi juga bakal balik ke titik nol lagi. Lo bakal ngerasa ter-refresh.

Setelah itu? Mulai lagi untuk menjadi positif dan perbaikin kualitas diri, supaya lo bisa layak dapet orang yang nilainya sama, atau lebih dari nilai diri lo sendiri.

My Blog List

My Blog List